Wednesday 22 April 2015

Cara mudah membuat bunga dari kulit jagung / kolobot


 CARA MEMBUAT HIASAN BUNGA DARI KOLOBOT/KULIT JAGUNG



Cara Mudah Membuat Bunga Dari Kulit Jagung. Apa kabar sobat semuanya? Kali ini kita akan membahas tentang cara mudah membuat bunga dari daun jagung. Kalian semua tahu kan? Daun jagung bagus sekali untuk dijadikan bahan pembuatan bunga. Banyak orang yang masih belum tahu bahwa bunga dari daun jagung cantik sekali. Sebagian orang suka membuang daunnya setelah diambil bijinya.


Sebelum dijadikan bunga, daun jagung diolah dulu untuk diawetkan dan diwarnai. Prosesnya adalah :

a. Pilihlah daun jagung yang tidak rusak.

b. Panaskan air pada panci sampai mendidih.

c. Masukkan pewarna pakaian secukupnya.

d. Masukkan detergent kurang lebih 2 sendok teh dan cairan formalin kurang lebih 2 sendok teh.  Hal ini dilakukan untuk mencegah supaya daun jagung tidak dimakan rayap dan tidak dihinggapi lalat. Jika pengawetan ini tidak dilakukan biasanya bunga suka dihinggapi lalat sehingga timbul bercak warna hitam pada daun jagung.

e.  Masukkan daun jagung ke dalam panci. Proses pewarnaan dilakukan selama kurang lebih 15 menit dengan api kecil.

f.   Angkat daun jagung kemudian tiriskan.

g. Daun jagung kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan selama kurang lebih 2 hari.

Nah, sobat semuanya kalau sudah dilakukan proses pewarnaan, sekarang kita siapkan untuk membuat  bunga.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :

a. Siapkan daun jagung yang sudah diwarnai untuk bahan bunga yang bentuknya bunga kuncup dan bunga mekar. Kalian boleh memilih warna, diantaranya warna merah, ungu, orange, kuning, ping, atau warna apa saja yang menarik.


b. Siapkan daun jagung warna hijau untuk bahan daun.

c. Siapkan gunting.



d. Siapkan floraltip untuk melilit kawat.



f.  Siapkan benang untuk mengikat.
 



f.  Siapkan benang untuk mengikat.




g. Siapkan bulu jagung untuk benang sari.




Setelah bahan-bahan semuanya disiapkan, sekarang kita melangkah ke proses pembuatan bunga. Adapun langkah-langkahnya adalah :

a. Daun jagung digunting dengan ukuran panjang disesuaikan dengan ukuran daun jagung dan lebar 1 cm. Yang kita butuhkan sebanyak 7 lembar, yaitu 5 lembar untuk bahan bunga mekar dan 2 lembar untuk bahan bunga kuncup.



b. 5 lembar daun jagung dibentuk seperti gambar di bawah ini. Letakkan benang sari dari bahan bulu jagung ditengah-tengah kemudian diikat dengan benang. Tampaklah bentuk bunga mekar seperti pada gambar di bawah ini. 


c. 2 lembar daun jagung dibentuk seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian diikat dengan benang. Tampaklah bentuk bunga kuncup seperti pada gambar  di bawah. Bunga kuncup sebanyak 3 buah diikat pada kawat dengan benang, lalu lilitlah dengan floraltip.  Pasangkan daun warna hijau dengan cara diikat dengan benang kemudian lilitlah dengan floraltip hingga rapi. Setelah itu bunga mekar sebanyak 2 buah diikat pada kawat dengan benang, lalu lilitlah dengan flaraltip. Terakhir pasangkan daun warna hijau di ujung tangkai paling bawah dengan cara diikat dengan benang lalu lilitlah dengan floraltip sampai rapi.


 


e. Akhirnya membuat bunga satu tangkai sudah jadi. Nah sobat semuanya, kalau ingin lebih bagus buatlah sebanyak-banyaknya dan pilihlah warna yang berbeda sehingga tampak lebih cantik dan menawan. 



Ok sobat semuanya, sekarang silahkan praktekkan di rumah kalian. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa……………………….


1 comment: