Wednesday 17 June 2015

CARA MEMBUAT VAS BUNGA DARI ANYAMAN BAMBU



CARA MEMBUAT VAS BUNGA DARI ANYAMAN BAMBU

 
  
Salah satu benda hias yang pembuatannya dari anyaman bambu adalah vas bunga. Untuk membentuk vas bunga ini digunakan teknik anyaman yang berbeda dengan anyaman biasa. Sebelum kita membuat vas bunga,


ada beberapa hal yang harus dipersiapkan mengenai bentuk irisan bambu, yaitu :

1.    Irisan bambu untuk kerangka badan vas
Irisan ini berbentuk pipih agak tebal dengan ukuran lebar kurang lebih 50 cm sebanyak 8 batang, disusun mulai dari alas saling silang yang teratur seperti jari-jari lingkaran. Supaya susunannya sama panjang, maka tiap batang diberi tanda dengan garis pada bagian tengahnya.

2.    Irisan yang bulat
Irisan bulat ini dibuat dengan keteblan kurang lebih 1 mm dibuat sepanjang-panjangnya sesuai dengan ruas bambu. Irisan ini dalam istilah menganyam disebut isen.
Cara menganyam :
Untuk tiga irisan bulat ini sebagai isen berjalan bersama-sama, dengan selang-seling bergantian langkah, keluar masuk 1-2 1-2 1-2 secara melingkar seperti kumparan tali. Begitu seterusnya sampai menutupi seluruh bagian alas dari badan vas. Selanjutnya lembaran irisan bambu yang sebagai kerangka dibengkokkan ke atas, dan anyaman tadi diteruskan sehingga menutup bagian bawah badan vas selebar kurang lebih 3 cm.

3.    Irisan lebar
Irisan ini digunakan untuk menutup badan vas dengan teknik anyaman biasa, sebagai isen yang lebarnya kurang lebih 7 mm bergantian dengan isen yang berbentuk bulat. Begitu pula untuk bagian yang lebih atas digunakan anyaman selang-seling antara anyaman biasa dan anyaman secara kumparan.

Sebelum memulai anyaman bagian leher masukan tabung dari bambu yang bergaris kurang lebih 3 cm sepanjang tinggi leher vas yang direncanakan. Dengan bantuan dari tabung tersebut dapat dianyam bagian leher vas sampai pada bagian mulut vas, yang selanjutnya untuk bagian mulut vas yang melebar digunakan teknik anyaman kumparan sampai batas lebar yang diinginkan. Sebagai pegangannya dapat disisipkan irisan bambu yang diambilkan dari kulit bagian luar dengan lebar irisannya kurang lebih 8 mm. Sebagai variasi, untuk bagian badan vas dapat disisipkan irisan kulit luar bamboo yang diberi warna silang menyilang, menutup bagian badan vas. Maka selesailah anyaman untuk bunga tersebut, yang selanjutnya tinggal memvernis.
   
Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba..

Sumber :
-    Buku Rotan dan Material Unik, Eddy s. Marizar
-    Buku Seni Rupa dan Kerajinan Tangan, Eddi Sukaryono


No comments:

Post a Comment