Tuesday 16 June 2015

MEMANFAATKAN BAMBU UNTUK ANYAMAN



MEMANFAATKAN BAMBU UNTUK  ANYAMAN 










Bambu adalah jenis tanaman yang memiliki rongga dan ruas pada batangnya. Ada banyak sekali jenis bambu. Kali ini kita bisa memanfaatkan jenis bambu hitam atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan sebutan Bambu Hideung.
Bambu dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan atau benda hias. Yang dimaksud dengan benda hias adalah suatu bentuk benda yang diciptakan secara khusus, yang selain sebagai benda pakai yang fungsinya untuk keperluan manusia sehari-hari, tetapi dari tujuan pertama pembuatannya yang diutamakan adalah dari segi keindahannya untuk dinikmati. Misalnya jambangan dari bahan keramik, kursi ukir, vas bunga dari bambu, kipas dari anyaman bambu dan masih banyak benda hias yang lain.
Di Indonesia banyak sekali tumbuh pohon bambu. Oleh sebab itu banyak sekali benda-benda hias yang dapat dibuat dari bahan bambu. Ada yang terbuat dengan bentuk anyaman, tetapi juga ada bentuk benda hias yang dibuat dengan rangkaian potongan-potongan bambu.

Sebelum kita membuat berbagai bentuk benda hias dari anyaman bambu, perlu kiranya mengetahui bagaimana mengolah bambu sebelum bahan tersebut dapat dikerjakan.

Mengolah Bambu Untuk Bahan Anyaman
Sebelum bahan bambu dapat dianyam, terlebih dahulu dibuat lembaran-lembaran tipis. Untuk dapat membuat lembaran-lembaran tipis dari bambu diperlukan syarat-syarat sebagai berikut :
-          Carilah bambu yang tidak terlalu tua
-          Jenis bambu hendaknya yang berurat halus
-          Pilihlah bambu yang beruas panjang
-          Setelah batang bambu ditebang haruslah dipotong-potong sepanjang dua sampai tiga ruas.
-          Simpan ditempat yang teduh dengan disandarkan secara tegak selamakira-kira 5 hari.

Alat-Alat Yang Harus Disiapkan
-          Parang atau golok
-          Pisau raut, pisau lipat atau cutter
-          Gergaji
-          Ampelas kayu yang halus
-          Pewarna pakaian/wantek.




Cara Membuat Irisan Bambu
-          Potong tiap-tiap ruasnya dengan membuang buku ruasnya. Bila dibutuhkan anyaman yang panjang, dapat juga bukunya tidak dibuang, dengan catatan bahwa untuk membelahnya haruslah hati-hati supaya tidak patah, dan nantinya mendapatkan irisan yang lebarnya sama.
-          Belahlah tiap potongan menjadi delapan bagian yang sama atau dibagi menurut lebar irisan yang dikehendaki.
-          Buanglah bagian bambu bagian dalam.
-          Irislah tipis tipis dengan ketebalan sesuai yang diinginkan.
-          Bila akan diberi warna, pewarnannya dapat menggunakan Pewarna pakaian/wantek yang dilarutkan dalam air, dipanaskan di atas tungku atau kompor hingga mendidih. Masukan irisan bambu yang akan diwarnai tersebut ke dalam larutan pewarna pakaian/wantek dan di aduk-aduk hingga merata. Selanjutnya angkatlah irisan bambu tersebut dan dijemur pada sinar matahari hingga kering. 
-         Setelah selesai proses di atas, barulah bambu siap untuk dianyam.
-         Anyaman bambu dapat dimanfaatkan untuk benda apa saja. Misalnya untuk Vas bunga, tempat pensil, hiasan dinding dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment