Monday 22 June 2015

MEMBUAT CELENGAN DARI BARANG BEKAS

MEMBUAT CELENGAN DARI BARANG BEKAS


membuat kerajinan celengan dari barang bekas

Membuat celengan dari barang bekas. Celengan merupakan tempat untuk meyimpan uang. Umumnya celengan dipakai oleh anak-anak dengan tujuan supaya melatih anak gemar menabung. Celengan biasanya terbuat dari keramik, tanah liat, atau plastik. Kali ini kita akan memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan celengan unik.  Selain mudah didapat, kita dapat menjadikan barang-barang bekas menjadi barang yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
1.    Kardus bekas
2.    Pelepah pisang kering
3.    Stik bekas es krim
4.    Kulit bawang putih
5.    Lem
6.    Vernis
Langkah-langkahnya :
1.    Siapkan kardus bekas ukuran lebar 8 cm tinggi 12 cm. lumuri dengan lem kayu kemudian tempelkan kulit pisang yang sudah dikeringkan bagian dalamnya. Bentuklah sebuah kotak seperti gambar di bawah ini. Ini kita siapkan untuk bagian bangunan rumah.


2.    Siapkan kardus bekas yang sudah dilapisi dengan pelepah pisang untuk bagian atap rumah dengan ukuran panjang 12 cm dan lebar 8 cm. Serta bentuk segi tiga untuk bagian samping atap rumah dengan ukuran alas 8 cm  tinggi 6 cm. Tampak pada gambar di bawah ini.


3.    Siapkan tali dari pelepah pisang dengan cara dikepang. Bagian ini untuk  variasi bangunan rumah.


4.    Siapkan kulit bawang putih dan lilitan tali dari pelepah pisang untuk bagian bunga.


5.    Siapkan stik bekas es krim untuk pagar rumah.


6.    Kotak bangunan rumah kita buat dengan cara digabungkan bagian kotak pada bagian 1 dan bagian 2 dengan cara dilem. Tampak pada gambar di bawah ini.


7.    Beri  hiasan tali dari pelepah pisang yang sudah dikepang dengan cara dilem.


8.     Tempelkan bunga dari kulit bawang putih dengan lem.


9.    Selanjutnya kalau sudah selesai, lem bagian rumah dengan bagian pagar. Terakhir berilah vernis untuk mendapatkan hasil yang lebih mengkilap. Celengan rumah dari barang bekas sudah siap untuk dipakai. Kita sudah berhasil menyulap barang yang semula tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat.



Selamat Mencoba……….Semoga Bermanfaat……………





No comments:

Post a Comment